Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesia

Agustus 27, 2013
Letak suatu tempat di permukaan bumi tidak hanya sekadar posisi suatu objek di permukaan  bumi, tetapi juga karakteristik yang ada pada tempat tersebut. Setiap tempat akan menunjukkan  perbedaan dengan tempat lainnya di permukaan bumi. Bagaimanakah dengan letak wilayah  Indonesia? Gambaran umum tentang pengaruh letak Indonesia terhadap keadaan alamnya  akan diuraikan berikut ini.
1.  Letak Astronomis

Letak astronomis suatu negara adalah posisi letak yang berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Garis lintang adalah garis khayal yang melingkari permukaan bumi secara horizontal, sedangkan garis bujur adalah garis khayal yang menghubungkan Kutub Utara dan Kutub Selatan. Letak astronomis Indonesia Terletak di antara 6oLU – 11oLS dan 95oBT – 141oBT Berdasarkan letak astrono- misnya Indonesia dilalui oleh garis equator, yaitu garis khayal pada peta atau globe yang membagi bumi menjadi dua bagian sama besarnya. Garis equa- tor atau garis khatulistiwa terletak pada garis lintang 0o.

2. Letak Geografis

Letak geografis adalah letak suatu daerah atau wilayah dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Berdasarkan letak geografisnya, kepulauan Indonesia di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Dengan demikian, wilayah Indonesia berada pada posisi silang, yang mempunyai arti penting dalam kaitannya dengan iklim dan perekonomian.
Wilayah Indonesia juga berbatasan dengan sejumlah wilayah. Batas-batas wilayah Indonesia dengan wilayah lainnya adalah seperti berikut.
  • Di sebelah utara, Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Palau, Filipinadan Laut China Selatan.
  • Di sebelah selatan, Indonesia berbatasan dengan Timor Leste, Australia, dan SamudraHindia.
  • Di sebelah barat, Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia.
  • Di sebelah timur, Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudra Pasifik.


3. Letak Geologis

Letak geologis adalah letak suatu wilayah dilihat dari jenis batuan yang ada di permukaan bumi. Secara geologis wilayah Indonesia dilalui oleh dua jalur pegunungan muda dunia yaitu Pegunungan Mediterania di sebelah barat dan Pegunungan Sirkum Pasifik di sebelah timur. Adanya dua jalur pegunungan tersebut menyebabkan Indonesia banyak memiliki gunung api yang aktif dan rawan terjadinya gempa bumi.


Untuk pengaruh masing - masing letak nanti kita bahas pada postingan berikut !!!

Angin Muson di Indonesia 
Angin adalah udara yang bergerak. Menurut Buys Ballot, angin bertiup dari daerah yang bertekanan maksimum ke daerah bertekanan minimum, di belahan bumi utara angin berbelok ke kanan sedangkan di belahan bumi selatan angin berbelok ke kiri.
Adanya letak geografis, menyebabkan terjadinya gerakan angin muson yang melalui Indonesia. Angin muson (musim) di Indonesia terjadi dalam dua periode yaitu :
  1. Angin Musim (muson) Barat, terjadi antara bulan Oktober – April. Bertiupnya angin ini disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan udara di belahan bumi utara dan selatan. Pada saat itu utara musim dingin sehingga menyebabkan tekanan di utara lebih tinggi dari pada selatan, maka angin bertiup dari utara (Asia dan Samudera Pasifik) menuju Australia melewati Indonesia. 
     
  2. Angin Musim (muson) Timur, terjadi antara bulan April - Oktober. Bertiupnya angin ini disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan udara di belahan bumi selatan dan utara. Pada saat itu selatan musim dingin, sehingga menyebabkan tekanan di selatan lebih tinggi dari pada utara, maka angin bertiup dari selatan (Australia) menuju Asia melewati Indonesia.
Previous
Next Post »

9 komentar

  1. plisssszzzzz sumpah thanks yach kak ini tuch lengkap bingititzzzzz

    BalasHapus
  2. mantabb...
    izin share ya...
    almasphere.blogspot.com

    BalasHapus
  3. mksih bgt....mw share n download gmn ya caranya

    BalasHapus
  4. Bagus Bangeta,sangat berguna bagi anak sekaolah dan anak umum

    BalasHapus
  5. Sangat bermanfaat referensinya. Yang letak geologis saya belum punya. Baru astronomi sama geografi terima kasih banyak ^_^

    BalasHapus
  6. Iya lengkap banget gampang dech aku cari materi ips klas 1 smp. Makasih y ↖(^▽^)↗

    BalasHapus
  7. ser kalo buat ujian mid kita belajar yang mana?
    saya dari smp negeri 1 manado kelas 7'4 soalnya minggu depan sudah mau mid semester ser. Tolong di bantu yah ser!

    BalasHapus

Postingan Populer