Bentuk Muka Bumi dan Aktivitas Penduduk

Indonesia terdiri atas belasan ribu pulau, baik yang berukuran besar maupun yang berukuran kecil. Jumlah pulau seluruhnya mencapai 13.466 buah.

Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesia

Letak suatu tempat di permukaan bumi tidak hanya sekadar posisi suatu objek di permukaan bumi, tetapi juga karakteristik yang ada pada tempat tersebut.

Karagaman fauna di Indonesia

Fauna Indonesia dapat dikelompokkan menjadi tiga corak yang berbeda, yaitu fauna bagian barat, tengah, dan timur.

Keragaman Flora di Indonesia

Indonesia memiliki keragaman flora dan fauna (keanekaragaman hayati) yang sangat besar. Bahkan, keanekaragaman hayati Indonesia termasuk tiga besar di dunia

Kehidupan pada Masa Pra Aksara

Masa pra aksara atau biasa disebut masa prasejarah adalah masa kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan.

Tuesday, October 8, 2013

RPP IPS Kurikulum 2013 Kelas 7



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

       Satuan Pendidikan      : SMP Negeri 1 Manado
Kelas/Semester          : VII/1
       Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
            Tema                           : Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
       Pertemuan Ke             : 1 dan 2
       Alokasi waktu              : 4 x 40 Menit

A.    KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.   KOMPETENSI DASAR
1.3 Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.1   Meniru perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli, aman, dan percaya diri
sebagaima na ditunjukan oleh tokoh tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam kehidupan sekarang
3.1     Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, social, budaya, pendidikan, dan politik)
4.3  Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk  dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar

C.   INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.   Menjelaskan pengertian konektivitas antar-ruang dan waktu
2.   Menjelaskan keadaan alam Indonesia ditinjau dari aspek keruangan
3.   Menjelaskan pengaruh keadaan alam Indonesia terhadap aktivitas penduduk Indonesia dalam ruang dan waktu (masa lampau dan masa kini).
4.   Mendeskripsikan pola aktivitas ekonomi penduduk Indonesia berdasarkan potensi alam.

D.   TUJUAN PEMBELAJARAN
            Melalui aktivitas pembelajaran siswa dapat :
1.   Menjelaskan pengertian konektivitas antar ruang dan waktu
2.   Menjelaskan keadaan alam Indonesia ditinjau dari aspek keruangan
3.   Menjelaskan pengaruh keadaan alam Indonesia terhadap aktivitas penduduk Indonesia dalam ruang dan waktu (Masa lampau dan masa kini).
4.   Mendeskripsikan pola aktivitas ekonomi penduduk Indonesia berdasarkan potensi alam .

E.    MATERI POKOK
a.   Konektivitas antar ruang dan waktu
b.   Keadaan alam Indonesia dari aspek keruangan
c.   Pengaruh Keadaan alam Indonesia terhadap aktivitas penduduk Indonesia dalam ruang dan waktu (masa lampau dan masa kini)
d.   Pola aktivitas ekonomi penduduk Indonesia

F.    METODE PEMBELAJARAN
1.   Pendekatan  : Scientific
2.   Metode          : Diskusi kelompok dan tanya jawab dengan teknik STAD

G.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi waktu
Pertemuan ke 1

Pendahuluan


1.    Persiapan Kelas membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
2.    Memotivasi siswa dengan bertanya tentang keadaan alam sekitar tempat tinggal siswa.
3.    Guru menginformasikan tujuan yang ingin dicapai 
4.    Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dipelajari
5.    Guru mengajak siswa bernyanyi bersama lagu rayuan pulau kelapa
10 menit


Inti
1.  Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
2.  Guru menyajikan pelajaran
3.  Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok Tentang :
Ø  Koknektivitas antar ruang dan waktu
Ø  Keadaan alam dari aspek keruangan
 Anggotanya tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
4.  Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
5.  Memberi evaluasi
6.  Kesimpulan

60 menit

Penutup


1.   Melaksanakan test secara lisan
2.   Menugaskan peserta didik melakukan pengamatan dan menyusun laporan pengamatan tentang keadaan alam di lingkungan sekitar.
3.   Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
10 menit

Pertemuan ke 2

Pendahuluan


1.   Persiapan psikis dn fisik  membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
2.   Tanya jawab tentang keadaan alam Indonesia
3.   Guru menginformasikan tujuan yang ingin dicapai 
4.   Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dipelajari.
5.   Guru mengajak siswa bernyanyi bersama lagu padamu negeri
10 menit


Inti
1. Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
2. Guru menyajikan pelajaran

3. Guru memberi tugas diskusi dengan permasalahan:
Ø  pengaruh keadaan alam Indonesia terhadap aktivitas penduduk Indonesia dalam ruang dan waktu (masa lampau dan masa kini).
Ø  Pola aktivitas ekonomi penduduk Indonesia
Anggotanya tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
4. Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
5. Memberi evaluasi
6. Kesimpulan

60 menit















Penutup


1.   Siswa terpilih membuat kesimpulan tentang materi yang telah didiskusikan
2.   Melaksanakan test secara lisan
3.   Menugaskan peserta didik menyusun kliping tentang keadaan alam Indonesia 
4.   Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing
10 menit


H.   SUMBER BELAJAR
1.    Buku             : IPS Pegangan siswa Kelas VII, Buku yang relevan
2.    Alat Peraga : Peta, Atlas, Gambar

 I.      PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.   Tes tertulis
2.   Unjuk kerja
3.   Proyek
4.   Portofolio



            Mengetahui,                                                                 Manado,         Agustus 2013
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran IPS



            Elisabeth Mononutu, S.Pd.,M.Pd.                               Asrin Liise, S.Pd.
            NIP. 195806031981032004                                        NIP. 198306252011021002


Selengkapnya klik disini.

Baca juga tulisan menarik lainnya

2 comments :

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA