RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 1 Manado
Kelas/Semester : VII/1
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema :
Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
Pertemuan
Ke : 1 dan 2
Alokasi
waktu : 4 x 40 Menit
A. KOMPETENSI
INTI
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR
1.3 Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.1
Meniru perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli,
aman, dan percaya diri
sebagaima na ditunjukan oleh tokoh tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam kehidupan sekarang
sebagaima na ditunjukan oleh tokoh tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam kehidupan sekarang
3.1
Memahami aspek keruangan dan
konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, social, budaya, pendidikan, dan
politik)
4.3 Mengobservasi
dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika
interaksi manusia dengan
lingkungan
alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
Menjelaskan
pengertian konektivitas antar-ruang
dan waktu
2.
Menjelaskan
keadaan alam Indonesia ditinjau dari aspek keruangan
3.
Menjelaskan pengaruh keadaan
alam Indonesia terhadap aktivitas penduduk Indonesia dalam ruang dan waktu (masa
lampau dan masa kini).
4.
Mendeskripsikan pola aktivitas ekonomi penduduk
Indonesia berdasarkan potensi alam.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui aktivitas
pembelajaran siswa dapat :
1.
Menjelaskan
pengertian konektivitas antar ruang dan waktu
2. Menjelaskan keadaan alam
Indonesia ditinjau dari aspek keruangan
3.
Menjelaskan pengaruh keadaan
alam Indonesia terhadap aktivitas penduduk Indonesia dalam ruang dan waktu (Masa
lampau dan masa kini).
4.
Mendeskripsikan pola aktivitas ekonomi penduduk Indonesia berdasarkan
potensi alam .
E.
MATERI
POKOK
a.
Konektivitas
antar ruang dan waktu
b.
Keadaan
alam Indonesia dari aspek keruangan
c.
Pengaruh Keadaan
alam Indonesia terhadap aktivitas penduduk Indonesia dalam ruang dan waktu (masa
lampau dan masa kini)
d.
Pola aktivitas ekonomi penduduk Indonesia
F. METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Metode : Diskusi kelompok dan tanya jawab
dengan teknik STAD
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi
waktu
|
Pertemuan ke 1
|
||
Pendahuluan |
1.
Persiapan
Kelas
membuka
pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
2.
Memotivasi siswa dengan bertanya tentang keadaan alam sekitar tempat
tinggal siswa.
3.
Guru
menginformasikan tujuan yang ingin dicapai
4.
Guru
memberi gambaran garis besar materi yang akan dipelajari
5.
Guru
mengajak siswa bernyanyi bersama lagu “rayuan pulau kelapa”
|
10
menit
|
Inti
|
1. Membentuk
kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut
prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
2. Guru
menyajikan pelajaran
3. Guru memberi
tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok Tentang
:
Ø Koknektivitas
antar ruang dan waktu
Ø Keadaan alam
dari aspek keruangan
Anggotanya
tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu
mengerti.
4. Guru memberi
kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh
saling membantu
5. Memberi
evaluasi
6. Kesimpulan
|
60
menit
|
Penutup |
1.
Melaksanakan
test secara lisan
2.
Menugaskan
peserta didik melakukan pengamatan dan menyusun laporan pengamatan tentang keadaan alam
di lingkungan sekitar.
3.
Menutup
pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
|
10
menit
|
Pertemuan
ke 2
|
||
Pendahuluan |
1.
Persiapan
psikis dn fisik membuka pelajaran
dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
2.
Tanya
jawab tentang keadaan alam Indonesia
3.
Guru
menginformasikan tujuan yang ingin dicapai
4.
Guru
memberi gambaran garis besar materi yang akan dipelajari.
5.
Guru
mengajak siswa bernyanyi bersama lagu padamu negeri
|
10
menit
|
Inti
|
1. Membentuk kelompok yang
anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis
kelamin, suku, dll)
2. Guru menyajikan pelajaran
3. Guru memberi tugas diskusi dengan permasalahan:
Ø
pengaruh keadaan alam Indonesia terhadap aktivitas penduduk
Indonesia dalam ruang dan waktu (masa lampau dan masa kini).
Ø
Pola aktivitas ekonomi penduduk Indonesia
Anggotanya tahu menjelaskan pada anggota lainnya
sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
4. Guru memberi kuis/pertanyaan
kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
5. Memberi evaluasi
6. Kesimpulan
|
60
menit
|
Penutup |
1.
Siswa
terpilih membuat kesimpulan tentang materi yang telah didiskusikan
2. Melaksanakan test secara
lisan
3. Menugaskan peserta didik
menyusun kliping tentang keadaan alam
Indonesia
4. Menutup pelajaran dengan
berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing
|
10
menit
|
H.
SUMBER
BELAJAR
1. Buku : IPS Pegangan siswa Kelas VII, Buku
yang relevan
2. Alat
Peraga : Peta, Atlas, Gambar
I. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Tes tertulis
2. Unjuk kerja
3. Proyek
4. Portofolio
Mengetahui, Manado, Agustus 2013
Kepala Sekolah Guru Mata
Pelajaran IPS
Elisabeth
Mononutu, S.Pd.,M.Pd. Asrin
Liise, S.Pd.
NIP. 195806031981032004 NIP. 198306252011021002
Bunda...untuk rpp IPS kelas 8...mana yaaaa....hehe
BalasHapus