Nilai Raport Kurikulum 2013 SMP

Desember 08, 2013


Sudah dibahas dalam tulisan sebelumnya bahwa penilaian dalam kurikulum 2013 memperhitungkan aspek sikap, keterampilan dan pengetahuan. Untuk mendapatkan nilai dari tiap – tiap aspek tersebut maka dibutuhkan suatu instrument yang hasil rekapnya kemudian dituliskan sebagai nilai raport peserta didik.

Penilaian sikap
Sikap yang akan dinilai pada peserta didik adalah sikap spiritual dan sikap sosial. Untuk dapat mengukur nilai sikap dari seorang peserta
didik maka penilaiannya dilakukan lewat observasi oleh guru selama proses KBM berlangsung, penilaian diri peserta didik, penilaian antar peserta didik dan jurnal. Berikut contoh instrument penilaian sikap :


Penilaian keterampilan
 Ada beberapa alternatif yang dapat digunakan oleh guru untuk menentukan nilai keterampilan peserta didik yaitu dengan tes praktek (contoh rubrik penilaian tes praktek download disini), projek dan portofolio.

Penilaian pengetahuan
Aspek pengetahuan dapat dinilai lewat Nilai Tes Tertulis/Lisan, Nilai Tugas/PR, nilai ulangan harian, Nilai Ulangan Mid Semester (UTS) dan Nilai Ulangan Akhir Semester (UAS)

Hasil rekap dari instrument – instrument tersebut (sikap,keterampilan dan pengetahuan) kemudian di inputkan pada format daftar nilai kurikulum 2013 yang dapat di download disini, sehingga diperoleh nilai raport untuk satu bidang studi. Perlu diketahui bahwa KKM semua aspek penilaian seluruh mata pelajaran dalam kurikulum 2013 berlaku secara nasional 2,66 untuk skala nilai 1 – 4 (predikat A – D).

Demikian implementasi penilaian kurikulum 2013, apa yang ditampilkan dalam instrument maupun format yang didownload dalam tulisan ini bukanlah sesuatu yang baku atau harga mati, tetapi dapat dikembangkan sesuai dengan karateristik dan kebijakan sekolah masing – masing atau bahkan oleh kreatifitas masing – masing guru.

Semoga tulisan singkat ini dapat memberi manfaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Postingan Populer