PERANCANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TIK

Mei 23, 2018
Rangkuman : MODUL PEMBATIK (PEMbelajaran berBAsis TIK)


  • Pembelajaran yang mengintegrasikan TIK adalah suatu pembelajaran yang aktifitasnya melibatkan pendayagunaan TIK sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran.   
  • TIK itu sendiri tidak terbatas hanya pada komputer dan internet, tapi segala jenis media informasi dan komunikasi lain seperti radio, kaset audio, video dan lain-lain.  
  • Kurikulum tersembunyi dari pengintegrasian TIK dalam pembelajaran adalah untuk membangun keterampilan abad 21, yaitu keterampilan melek TIK, keterampilan berpikir kritis dan sistemik, keterampilan berkolaborasi, keterampilan memecahkan masalah dan keterampilan berkomunikasi efektif.  
  • Ada dua pendekatan langkah penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran yang mengintegrasikan TIK, yaitu pendekatan paragmatis dan pendekatan software.  
  • Dalam pendekatan Paragmatis, Paragmatis atau tujuan pembelajaran dijadikan sebagai acuan. Secara sederhana langkah yang dilakukan adalah: 1) menentukan Paragmatis;  2) menentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai; dan  3) menentukan aktifitas pembelajaran dengan memanfaatkan TIK (seperti modul, LKS, program audio, VCD/DVD, CD-ROM, bahan belajar on-line di internet, atau alat komunikasi sinkronous dan asinkronous lainnya) yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut.
  • Dalam pendekatan software, langkah pertama dimulai dengan mengidentifikasi TIK (seperti buku, modul, LKS, program audio, VCD/DVD, CD-ROM, bahan belajar on-line di internet, atau alat komunikasi sinkronous dan asinkronous lainnya) yang ada atau mungkin bisa dilakukan atau digunakan. Kemudian, dengan kondisi TIK yang ada seperti tersebut, guru memilih Paragmatis-Paragmatis apa yang bisa didukung oleh keberadaan TIK tersebut. Kemudian guru merencanakan strategi pembelajaran yang relevan untuk mencapai kompetensi dasar dan indikator capaian hasil belajar dari Paragmatis pelajaran tersebut. 
  • Penekanan utama dalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang mengintegrasikan TIK sebenanya adalah bukan pada kecanggihan teknologi yang digunakan, tapi pada strategi pembelajaran yang mendukung keterampilan-keterampilan abad 21 seperti dijelaskan diatas melalui pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada siswa (student-centered  learning). 
  • Beberapa strategi atau metode pembelajaran yang dianjurkan diatantaranya adalah pembelajaran berbasis aneka sumber (resources-based learning), pembelajaran berbasis kasus (casebased learning), pembelajaran berbasis masalah (problembased learning), pembelajaran berbasis simulasi (simulationbased learning), pembelajaran kolaboratif (collaborative learning) dan lain-lain. 
Bagi yang ingin mempelajari lebih lanjut silahkan download materinya dengan mengklik disini.

Semoga materi ini dapat membantu kita dalam mewujudkan tercapainya pembelajaran abad 21.

Sumber :
2018

Previous
Next Post »

1 komentar

  1. There can also be|can be} an FAQ page that might answer a few of your questions earlier than reaching out. However, if you’re on the lookout for a phone quantity, you won’t discover one. They require an RNG certification, 퍼스트카지노 so we know they’ve been audited for safety and legitimacy.

    BalasHapus

Postingan Populer