Penilaian pembelajaran dalam
implementasi kurikulum 2013 tidak hanya focus pada penilaian hasil, tetapi juga
penilaian prosespun telah mendapat porsi yang lebih jika dibandingkan dengan
penilaian pada kurikulum – kurikulum pendidikan sebelumnya yang pernah
diterapkan dalam konteks pendidikan nasional. Jika kita menilik kembali ke
beberapa waktu dibelakang, sebenarnya gaung penilaian prosespun sebenarnya
telah diperdengarkan namun dalam implementasinya seakan – akan tenggelam dengan
nilai – nilai hasil ulangan maupun ujian sehingga kita terjebak pada suatu
konsep penilaian hasil. Nilai peserta didik seakan – akan banyak ditentukan
dengan hasil – hasil ulangan, ujian bahkan UN. Betapa tidak adil memang proses
belajar yang berlangsung
dalam jangka waktu yang cukup banyak kemudian hanya ditentukan dengan satu atau dua jam dalam ruang ujian.
dalam jangka waktu yang cukup banyak kemudian hanya ditentukan dengan satu atau dua jam dalam ruang ujian.
Kurikulum 2013 yang saat ini
sudah mulai diberlakukan telah memberikan arah yang cukup jelas dan menyediakan
porsi yang cukup untuk menempatkan penilaian proses sebagai bagian dari
penilaian pembelajaran. Hal ini terlihat dalam penerapan penilaian kurikulum
2013 yang melihat unsur sikap, keterampilan dan pengetahuan sebagai satu
kesatuan yang utuh dalam menentukan keberhasilan peserta didik menyelesaikan
suatu program pembelajaran. Hal ini tentunya merupakan jalan keluar bagi sistem
penilaian pada kurikulum – kurikulum sebelumnya.
Lepas dari permasalahan klasik
tentang penilaian hasil, justru saat ini para pendidik kembali diperhadapkan
dengan aplikasi nyata sistim penilaian kurikulum 2013 dilapangan. Mungkin karena
merupakan edisi perdana penerapan sistim penilaian ini masih bahyak menimbulkan
simpang siur diantara para pendidik bahkan dikalangan para pengawas sekolahpun
masih dirasakan perbedaan -perbedaan konsep mendasar dalam penjelasan tentang sistim
penilaian ini. Sebagai pendidik tentunya kita memiliki motivasi yang kuat untuk
menjalankan apa yang telah menjadi bagian dari kebijakan nasional tentang
implementasi kurikulum 2013 sehingga persoalan yang muncul kemudian dilapangan
bukanlah sebagai penghalang untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita
yang salah satunya adalah melakukan penilaian pembelajaran.
Berikut ini saya sertakan link
download materi paparan tentang penilaian
kurikulum 2013 :
- Presentasisistim penilaian kurikulum 2013
- Panduanpenilaian kompetensi Sikap kurikulum 2013
- Panduanpenilaian kompetensi keterampilan kurikulum 2013
- Panduanpenilaian kompetensi pengetahuan kurikulum 2013
- Model danJuknis pengisian raport kurikulum 2013
Semoga dapat bermanfaat bagi
rekan – rekan penggiat pendidikan Indonesia.
0 Komentar