Penilaian Hasil dan Proses pembelajaran Kurikulum 2013

Desember 07, 2013



Penilaian pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 tidak hanya focus pada penilaian hasil, tetapi juga penilaian prosespun telah mendapat porsi yang lebih jika dibandingkan dengan penilaian pada kurikulum – kurikulum pendidikan sebelumnya yang pernah diterapkan dalam konteks pendidikan nasional. Jika kita menilik kembali ke beberapa waktu dibelakang, sebenarnya gaung penilaian prosespun sebenarnya telah diperdengarkan namun dalam implementasinya seakan – akan tenggelam dengan nilai – nilai hasil ulangan maupun ujian sehingga kita terjebak pada suatu konsep penilaian hasil. Nilai peserta didik seakan – akan banyak ditentukan dengan hasil – hasil ulangan, ujian bahkan UN. Betapa tidak adil memang proses belajar yang berlangsung
dalam jangka waktu yang cukup banyak kemudian hanya ditentukan dengan satu atau dua jam dalam ruang ujian.

Kurikulum 2013 yang saat ini sudah mulai diberlakukan telah memberikan arah yang cukup jelas dan menyediakan porsi yang cukup untuk menempatkan penilaian proses sebagai bagian dari penilaian pembelajaran. Hal ini terlihat dalam penerapan penilaian kurikulum 2013 yang melihat unsur sikap, keterampilan dan pengetahuan sebagai satu kesatuan yang utuh dalam menentukan keberhasilan peserta didik menyelesaikan suatu program pembelajaran. Hal ini tentunya merupakan jalan keluar bagi sistem penilaian pada kurikulum – kurikulum sebelumnya.

Lepas dari permasalahan klasik tentang penilaian hasil, justru saat ini para pendidik kembali diperhadapkan dengan aplikasi nyata sistim penilaian kurikulum 2013 dilapangan. Mungkin karena merupakan edisi perdana penerapan sistim penilaian ini masih bahyak menimbulkan simpang siur diantara para pendidik bahkan dikalangan para pengawas sekolahpun masih dirasakan perbedaan -perbedaan konsep mendasar dalam penjelasan tentang sistim penilaian ini. Sebagai pendidik tentunya kita memiliki motivasi yang kuat untuk menjalankan apa yang telah menjadi bagian dari kebijakan nasional tentang implementasi kurikulum 2013 sehingga persoalan yang muncul kemudian dilapangan bukanlah sebagai penghalang untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita yang salah satunya adalah melakukan penilaian pembelajaran.
Berikut ini saya sertakan link download  materi paparan tentang penilaian kurikulum 2013 :

  1. Presentasisistim penilaian kurikulum 2013
  2. Panduanpenilaian kompetensi Sikap kurikulum 2013
  3. Panduanpenilaian kompetensi keterampilan kurikulum 2013
  4. Panduanpenilaian kompetensi pengetahuan kurikulum 2013
  5. Model danJuknis pengisian raport kurikulum 2013
 Semoga dapat bermanfaat bagi rekan – rekan penggiat pendidikan Indonesia.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Postingan Populer